Selasa, 14 Juli 2020

Ingin Custom Masker Kain? Berikut 4 Bahan Kain yang Perlu Anda Ketahui

Di masa pandemi virus Corona, masker merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Dikarenakan masker medis dan N95 hanya diperuntukkan untuk tenaga medis, maka masyarakat disarankan menggunakan masker dari bahan kain. Banyaknya permintaan masker jenis ini, membuat peluang bisnis masker terlihat cukup menjanjikan. Salah satu masker non medis yang banyak diminati adalah masker custom. Sebelum mulai Jual Masker kain custom, yuk ketahui bahannya disini.

4 Bahan untuk Masker Kain Custom
1. Kain Katun Tebal
Bahan satu ini merupakan salah satu kain yang kerap digunakan dalam pembuatan masker. Hal tersebut karena bahan satu ini cenderung mudah ditemukan di setiap rumah. Namun perlu diketahui, tidak semua bahan katun adalah sama. Yang mana tingkat keefektifan kain katun ini tergantung dari seberapa banyak serat tenunan. Hal ini dikarenakan, serat serat kecil inilah yang mampu menghalau partikel virus.

Untuk mengetahui keefektifitasan kain katun, ada baiknya pegang kain dan arahkan ke lampu. Jika cahaya lampu dapat melewati serat kain dengan mudah, maka kain tersebut tidak memiliki filtrasi yang baik. Keunggulan dari kain katun adalah pengguna masker lebih mudah dalam bernapas. Bahkan lebih mudah dari masker medis. Karena kain ini cenderung mudah dijumpai, sehingga cukup menguntungkan jika digunakan dalam bisnis jual masker kain.

2. Tisu Handuk
Beberapa ahli menyarankan untuk memasukkan kertas filter kopi diantara lapisan kain. Akan tetapi, beberapa orang mengaku kesulitan bernapas dengan tambahan filter kopi. Sehingga pada saat menggunakan masker custom, ada baiknya filter kopi ini diganti dengan tisu handuk yang lebih nyaman. Bahkan tisu handuk ini diklaim mampu meningkatkan persentase penyaringan partikel.

3. Kain Nilon
Diketahui bahwa kain Nilon 70D lebih efektif sebagai bahan masker, karena bisa menyaring sekitar 77 persen partikel besar dan 12 persen partikel kecil. Selain itu, masker dari kain ini juga cenderung memudahkan penggunanya untuk bernapas. Jika Anda ingin bisnis dalam bidang jual masker kain custom, maka kain Nilon bisa menjadi pilihan yang tepat.

Selain itu, ada pula kain nilon 40D dengan tingkat filtrasi yang lebih tinggi. Akan tetapi, masker dari kain jenis ini akan membuat pengguna mengalami kesulitan bernapas. Sehingga sangat tidak cocok bila dijadikan masker. Namun menurut penelitian dari Universitas Northeastern, kain satu ini bisa digunakan sebagai lapisan tambahan maskar untuk meningkatkan kinerja masker sebesar 15 hingga 50 persen.

4. Kombinasi Katun dan Sifon, Flanel, atau Sutera
Bahan katun memang pilihan yang paling praktis dan terbaik untuk masker, karena mudah didapatkan. Namun menurut sebuah studi, ternyata menggabungkan lapisan kain katun dengan bahan kain non  katun bisa menghasilkan masker yang jauh lebih efektif. Sehingga ketika ingin jual masker kain custom, ada baiknya gunakan kombinasi satu lapis kain katun tebal dengan dua lapis kain sutera, atau dua lapis kain sifon, atau satu lapis kain flanel.

Masker berbahan kain merupakan alternatif paling efektif untuk mencegah masuknya debu dan partikel virus melalui mulut dan hidung. Di masa pandemi virus Corona seperti ini, masker custom dicari oleh banyak masyarakat. Tidak hanya efektif untuk mencegah penyebaran virus, masker ini juga terlihat lebih menarik dan keren. Jika berniat membeli masker custom maka bisa memesan di jasa percetakan kami. Tidak hanya digunakan sendiri, produk dari kami juga bisa untuk dijual kembali.