Minggu, 15 November 2020

Wajib Tahu! Berikut Manfaat dan Cara Pakai Betadine Obat Kumur

Berbagai jenis obat kumur yang terdapat di pasaran yang memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan nafas dan mulut. Salahnya obat kumur dari brand betadine. Obat ini dirancang khusus untuk mengatasi berbagai macam masalah mulut dan nafas. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut.

 

Manfaat Menggunakan Obat Kumur
1. Menghilang Bau dan Nafas Tidak Sedap
Salah satu manfaat obat kumur yakni untuk menghilangkan bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih wangi. Biasanya banyak orang yang memakai obat kumur ketika sedang menjalankan ibadah puasa, ketika berpuasa mulut menjadi bau karena tidak mengonsumsi makanan apapun. 


Dengan kandungan povidone iodine sebanyak 1% saja, tentu dapat menghilangkan kuman yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Dosis povidone iodine sebanyak 1% memang dirasa cukup, mengingat obat ini digunakan untuk mulut, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk pemakaian dosis tinggi.


Obat ini juga tidak boleh terlalu sering digunakan, sebab dikhawatirkan akan membuat bakteri baik yang terdapat pada mulut menjadi mati dan justru akan menimbulkan masalah-masalah mulut yang lainnya. Gunakan Betadine ini sesuai dengan kebutuhan, karena dengan beberapa pemakaian saja keadaan mulut menjadi lebih segar dan tidak terlalu mudah bau.


2. Meredakan Gusi Bengkak
Gusi bengkak juga menjadi salah satu pemicu seseorang menjadi tidak memiliki nafsu makan yang baik. Obat kumur antiseptik satu ini juga bermanfaat gusi bengkak yang diakibatkan oleh kuman yang sudah menggumpal pada mulut. Dengan kandungan utama povidone iodine yang sangat ampuh menghilangkan kuman. 


Dengan dosis yang sesuai, tentu tidak akan menghilangkan bakteri baik yang terdapat pada mulut. Jika bertujuan untuk menghilangkan gusi bengkak, tetapi perlu diperhatikan pula jika Anda wanita hamil, karena obat ini sangat sensitif terhadap wanita hamil dan juga menyusui. 


Obat satu ini juga sangat hipersensitif terhadap iodium dan bagi yang menderita penyakit thyroid, sehingga harus diperhatikan banyaknya pemakaian jika Anda termasuk salah satu yang menderita penyakit tersebut. Umumnya obat Betadine ini digunakan sebanyak 3-5 kali dalam sehari, maka Anda perlu mengurangi pemakaian jika memiliki penyakit di atas.


3. Sakit Tenggorokan
Selain meredakan penyakit yang sudah dijelaskan, obat ini juga dapat menghilangkan sakit tenggorokan, meskipun diklaim dapat menghilangkan sakit tenggorokan bukan berarti obat ini harus diminum oleh penderitanya. Akan tetapi, tetap lakukan kumur secara rutin, sebab povidone iodine yang terkandung juga memberikan efek yang dapat meredakan sakit tenggorokan.


Kumur menggunakan obat ini hanya boleh kurang lebih 30 detik saja, jangan berlebihan karena akan dikhawatirkan akan membuat iritasi pada mulut. Anda bisa menggunakan tutup botol dari obat kumur antiseptik sebagai wadah ketika hendak melakukan kumur, sehingga tidak memerlukan bantuan sendok atau lainnya.


4. Sariawan
Selain penyakit di atas, Betadine obat kumur antiseptik ini juga bisa meredakan sariawan membandel Anda. Sariawan yang terjadi juga karena kuman yang berlebihan pada mulut. Kandungan povidone iodine juga dapat meredakan atau menghilangkan luka yang disebabkan oleh sariawan.


Cara penggunaan dari obat ini untuk sariawan juga sama, Anda hanya perlu berkumur kurang lebih 30 hingga 60 detik saja, sehari bisa 3 sampai 5 kali sesuai dengan kebutuhan Anda. Usahakan untuk tidak menggunakan secara berlebihan, meskipun dengan alih-alih agar segera sembuh, tetap gunakan sesuai dosis.


Itulah manfaat serta cara pakai dari obat kumur antiseptik satu ini. Obat kumur yang tidak hanya bermanfaat untuk berkumur saja, namun juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit mulut dan tenggorokan yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Usahakan untuk menggunakannya secara rutin sesuai dosis.